Tips Menjaga Kebersihan Motor Setelah Kehujanan

Musim hujan memang sudah berakhir, namun sebagian wilayah di Indonesia masih mengalami hujan. Hujan yang datang tiba-tiba membuat kita harus mempersiapkan jas hujan segera terlebih bagi pengendara sepeda motor yang akan melakukan perjalanan jauh.

Tips Menjaga Kebersihan Motor Setelah Kehujanan

Efek dari air hujan membuat sepeda motor kita menjadi kotor dan bahkan terjadi karat di bagian tertentu. Untuk itu kita perlu segera membersihkan bagian motor kita yang kotor akibat air hujan. Berikut ada beberapa cara mencuci motor yang tepat saat terkena air hujan.

  • Siapkan Air Bersih dan Peralatan

Persiapkan alat untuk membersihkan motor seperti kain penyerap air yang bisa kita beli di toko sparepart motor bahkan sekarang tersedia di toko modern, sampo khusus motor, selang air, gayung, bak kecil, dan kuas cat berukuran kecil. Kalau anda dekat dengan kran air di luar rumah bisa menyambungkannya dengan selang air.

  • Mulailah Membersihkan

Pastikan anda melihat dimana bagian motor yang kotor terparah, dan cobalah mengguyur bodi motor dengan air bersih. Guyur semua bagian hingga merata dengan selang air disertai menggunakan kain penyerap air untuk mengelap noda dari air hujan.

Pastikan bagian knalpot yang terbuat dari krom anda perhatikan karena noda air hujan susah hilang.

Gunakan kuas kecil untuk menyikat bagian yang sulit terjangkau seperti belakang spatbor dan ruji-ruji motor.

Usapkan sampo motor ke bodi dan bagian sekitar roda yang terkena noda, kemudian bilas beberapa kali lalu keringkan denga lap penyerap air.

Itulah beberapa cara mencuci motor yang baik, baca juga artikel lainnya seperti rekomendasi memilih suv terbaik di jakarta.