Tips Membuat Laci Selalu Rapi

Menata Laci

Laci umumnya digunakan untuk menaruh barang-barang kecil yang sering membuat berserakan rumah. Biasanya yang seperti ini sangat mudah berantakan, baru beberapa saat dirapikan sudah berantakan lagi. Hingga akhirnya menjadi susah mencari sebuah barang yang seperti ini.

Tapi, jangan menyerah dulu untuk merapikan laci. Ada tips mudah yang bisa Anda coba untuk membuat isi laci selalu tertata rapi serta teratur. Caranya mulai dari membagi isinya ke dalam beberapa kelompok hingga memberikan prioritas untuk beberapa barang tertentu yang sering digunakan dan jarang.

Nah untuk itu simak dengan seksama empat tips mudah merapikan isi laci Anda.

  1. Punya lebih dari satu laci

Sebuah laci yang digunakan untuk menyimpan banyak benda-benda kecil tentu kurang memadai. Ya, memang benda-benda kecil itu muat untuk diletakkan dalam satu laci, namun tentunya akan susah dicari dan tidak tertata dengan rapi. Benda kecil sangat mudah terselip diantara benda-benda lainnya meskipun laci sudah diberi sekat. Ada baiknya Anda mengisi laci dengan setengah kapasitas maksimalnya.

  1. Pisahkan sesuai kelompok

Untuk membuat isi laci rapi, terorganisir dan mudah dalam mencari sebuah barang buatlah kategori barang yang akan disimpan disetiap lacinya. Untuk menentukan kategori ini Anda bisa sortir berdasarkan fungsi dan ukuran benda dan laci yang ada. Nah contoh pembagiannya sebagai berikut:

Laci berisi peralatan kantor

Laci berisi perkakas rumah

Laci berisi bahan kerajinan tangan dan lainnya.

  1. Bagi isi laci

Barang akan lebih mudah dicari jika disimpan di dalam laci dengan isi barang yang sejenis atau memiliki fungsi yang mirip. Misalnya:

Laci dapur: Anda bisa mengisi laci ini dengan sendok, garpu, spatula, centok dan lain-lain yang berhubungan dengan peralatan dapur dan memiliki ukuran mirip/

Laci ATK: Anda bisa mengisi laci ini dengan perangko, amplop, pulpen, pensil, buku catatan, map dan lain-lain yang berhubungan dengan peralatan kantor.

Laci dekat pintu: Anda juga bisa menaruh laci sesuai dengan letakknya, misalnya jika didekat pintu seperti ini Anda bisa menaruh kunci motor, kunci pintu depan, dompet, jaket, payung dan lain-lain untuk digunakan pada saat hendak keluar rumah.

  1. Beri label

Nah cara ini juga mudah untuk digunakan. Berilah label disetiap sekat laci untuk memudahkan Anda mengetahui isi lacinya. Memang mengeceknya satu-satu juga bisa, namun akan cukup merepotkan jika laci Anda cukup banyak tingkatannya.