Resep Kue Cokelat, Cara Membuat Kue Tanpa Oven Mudah dan Enak

Resep Kue Cokelat, Cara Membuat Kue Tanpa Oven Mudah dan Enak

 

Siapa yang tidak suka cokelat, varian rasa ini banyak menjadi favorit untuk berbagai jenis kudapan. Pada jenis makanan kue, rasa cokelat menjadi varian rasa wajib yang mesti ada. Untuk itu, kali ini akan dibagikan resep kue cokelat sederhana dan enak. Kue cokelat ini dibuat dengan cara membuat kue tanpa oven.

Pembuatannya dilakukan dengan cara dikukus sehingga akan memudahkan Anda yang tidak memiliki oven sendiri di rumah. Kue cokelat kukus ini cocok dijadikan camilan ataupun makanan ringan untuk suguhan tamu pada acara-acara tertentu.  

Bahan yang dibutuhkan serta cara pembuatan kue cokelat ini tidak rumit, bisa juga diikuti bagi Anda yang baru belajar membuat kue.

Sebelum mulai memasak, Anda perlu tahu bahan apa saja yang diperlukan dalam cara membuat kue tanpa oven ini. Berikut adalah bahan-bahan beserta jumlah takarannya untuk membuat 10 porsi kue cokelat :

  • 250 gram tepung terigu
  • 350 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • Margarin secukupnya
  • 3 sendok makan cokelat bubuk
  • 250 ml susu cair
  • 1 sendok makan ekstrak vanila
  • 1 sendok makan baking powder
  • Garam secukupnya

Cara khusus membuat masak kue tanpa oven berupa kue cokelat ini dilakukan dengan dikukus. Proses pembuatannya dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu :

  1. Persiapkan semua alat yang dibutuhkan, letakkan dekat dengan jangkauan Anda. Alat-alat yang diperlukan diantaranya wadah untuk mengaduk adonan, loyang, mixer, panci atau dandang untuk mengukus.
  2. Timbang dan takar semua bahan yang diperlukan. Jika ingin membuat kue cokelat dengan porsi lebih atau kurang dari 10, Anda bisa mengubah takaran semua bahan dengan komposisi yang sama.
  3. Langkah pertama cara membuat kue tanpa oven siapkan bahan-bahan kering dengan mengayak tepung terigu, cokelat bubuk, ekstrak vanila dan baking powder. Sisihkan terlebih dulu hasil ayakan yang sudah halus.
  4. Campurkan telur, margarin dan gula kemudian aduk sampai ketiganya tercampur merata
  5. Masukkan hasil ayakan tadi ke dalam adonan telur, mentega dan gula pasir sedikit demi  sedikit sambil diaduk perlahan.
  6. Aduk semua campuran bahan tadi sampai merata sempurna.
  7. Siapkan loyang untuk mengukus adonan kue cokelat. Olesi loyang dengan mentega dan taburkan sedikit tepung supaya adonan tidak lengkep pada loyang.
  8. Sembari menyiapkan loyang, panaskan dandang sampai kira-kira cukup panas.
  9. Setelah loyang siap, tuangkan adonan tadi ke dalam loyang kemudian tutup bagian atas loyang menggunakan kain bersih.
  10. Loyang yang sudah tertutup rapat lalu dimasukkan ke dalam dandang untuk dikukus. Proses pengukusan membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Jangan membuka dan menutup dandang selama proses pengukusan. Hal ini bisa membuat kue cokelat tidak matang sempurna.
  11. Setelah kue matang biarkan sebentar sampai suhunya menurun. Setelah kue cukup dingin keluarkan dari loyang.
  12. Tahapan penutup cara membuat kue tanpa oven ini adalah dengan memberikan topping di bagian atas kue cokelat. Topping ini bisa Anda pilih sesuai selera, contohnya kacang almond, taburan gula halus, krim atau meises.

Kue cokelat ini lebih enak disantap selagi hangat. Resep kue cokelat ini sangat mudah, sederhana tetapi rasanya tidak mengecewakan. Anda bisa mencoba cara membuat kue tanpa oven ini untuk membuat camilan enak bagi anggota keluarga. Gunakan Blueband untuk membuat kue cokelat Anda lebih lembut, enak dan harum. Margarin berkualitas ini memang pas digunakan untuk aneka kue.