Pengertian Digital Printing dan Prosesnya Lengkap

Gambar Pengertian Digital Printing
Gambar Pengertian Digital Printing

Pencetakan digital mengacu pada metode pencetakan dari gambar berbasis digital langsung ke berbagai media. Ini biasanya mengacu pada pencetakan profesional di mana pekerjaan kecil dari penerbitan desktop dan sumber digital lainnya dicetak menggunakan printer format besar dan / atau laser bervolume tinggi atau inkjet.

Percetakan cilacap digital memiliki biaya per halaman yang lebih tinggi daripada metode pencetakan offset tradisional lainnya, namun harga ini biasanya diimbangi dengan menghindari biaya semua langkah teknis yang diperlukan untuk membuat pelat cetak. Ini juga memungkinkan pencetakan on-demand, waktu penyelesaian yang singkat, dan bahkan modifikasi gambar (variable data) yang digunakan untuk setiap tayangan.

Penghematan tenaga kerja dan kemampuan menekan digital yang terus meningkat berarti bahwa pencetakan digital mencapai titik di mana ia dapat mencocokkan atau menggantikan kemampuan teknologi cetak offset untuk menghasilkan cetakan lebih besar dari beberapa ribu lembar pada harga rendah.

Perbedaan terbesar antara pencetakan digital dan metode tradisional seperti litografi, flexography, gravure, atau letterpress adalah bahwa tidak perlu mengganti pelat cetak dalam pencetakan digital, sedangkan pada pencetakan analog lempeng berulang kali diganti

Hal ini menghasilkan waktu penyelesaian yang lebih cepat dan biaya yang lebih rendah saat menggunakan pencetakan digital, namun biasanya kehilangan beberapa detail gambar bagus oleh kebanyakan proses pencetakan digital komersial. Metode yang paling populer adalah printer inkjet atau laser yang menyimpan pigmen atau toner ke berbagai substrat termasuk kertas, kertas foto, kanvas, kaca, logam, marmer, dan zat lainnya.

Dalam banyak proses, tinta atau toner tidak menyerap substrat, seperti halnya tinta konvensional, namun membentuk lapisan tipis di permukaan yang mungkin juga menempel pada substrat dengan menggunakan cairan fuser dengan proses panas (toner) atau UV. proses curing (tinta).