Mengenal Jaket Parka dan Sejarahnya

Apabila kita perhatikan dengan seksama anak-anak muda di pusat-pusat perbelanjaan atau mall-mall ternama atau biker motor scooter yang memakai jaket dengan panjangs ampai lutut dilengkapi pula dengan kerudung. Apakah kamu tahu jaket apakah yang mereka kenakan? Itu adalah jaket parka. Lalu apa sebenarnya parka itu? Berdasarkan sejarah jaman lampau, jaket ini digunakan oleh para pemburu di belahan kutub utara ketika sedang melakukan perburuan binatang sejenis rusa. Kulit dari binatang ini mampu menghangatkan tubuh bagi para pemburu karena suhu yang sangat ekstrim di daerah kutub utara. Pada awalnya, jaket ini dilengkapi dengan bulu di bagian tudung/kerudung agar mampu menghangatkan badanterutama bagian leher.

jaket-parka
Mengenal Jaket Parka dan Sejarahnya (Sumber : Pixabay.com)

Namun pada tahun 1970an jaket parka berubah fungsi sebagai jaket militer. Jaket ini untuk melindungi para penerbang yang menerbangkan pesawat diketinggian yang bisa mencapai -50 derajat celcius. Keunggulan lainnya adalah bahwa jaket ini tahan terhadap air (waterproof) sebab jaket tersebut diberi minyak ikan agar air tidak bisa masuk. AKan tetapi saat dipakai pihak militer, bahan utama jaket parka tidak lagi memakai kulit binatang tetapi menggunakan sutra nilon dan polyester jaket bomber wanita.

Pada era tahun 1980an, jaket parka banyak dipakai murid-murid di Inggris sehingga menjadi trend fashion disana. Jaket parka sangat diminati karena bisa menghangatkan badan karena suhu di Inggris saat ini sangat dingin. Selain itu, jaket ini juga praktis karena tahan terhadap air sehingga murid-murid disana tidak perlu lagi membawa jas hujan. Akan tetapi di tahun itu pulalah jaket ini mengalami kemunduran karena dianggap kuno dan pemakainya dianggap kutu buka dan kurang gaul sehingga banyak yang mulai meninggalkan jaket parka.

Jaket parka mencapai puncak popularitas pada tahun 2000an. Para selebritis banyak yang memakai jaket parka untuk dijadi trend fashion di masyarakat pada saat itu sehingga banyak yang menirunya. Hal ini juga berimbas ke Indonesia dimana para remaja banyak yang memakai jaket parka. Bahkan distro-distro outwear juga memajang jaket ini. Bahkan dari harga yang paling murah dengan bahan baku seadanya sampai brand ternama juga memproduksi jaket parka.