Membangun Perkembangan Sosial Anak Usia 2-4 Tahun

Pertumbuhan anak di usia dini dari 1 sampai 6 tahun membutuhkan pengawasan lebih ketat dari orang tua. Selama ini banyak orang tua masih belum mengerti tentang perkembangan sosial dari anak. Selain membantu dari segi nutrisi saja, ternyata dari aspek sosial membtuuhkan pemantauan lebih detail. Jika selama ini Anda menambahkan asupan nutrisi dari Wyeth Nutrition dimana sangat efektif untuk menunjang berbagai macam kebutuhan si kecil, ternyata dari perkembangan sosial anak juga bisa kita lihat secara langsung.

Membangun Perkembangan Sosial Anak Usia 2-4 Tahun

Beberapa aspek emosi dari usia anak-anak masih sedikit rentan mengalami gangguan. Dari usia 2-4 tahun bisa memperlihatkan beberapa tanda-tanda seperti mencari karakter pribadi sampai menunjukkan kemandiriannya dalam mengatur dirinya sendiri. Mungkin dari aspek sosial belum sepenuhnya Anda sadari bahkan masih terlihat buta dalam mengamati aspek sosial anak. Oleh karena itu mari kita lihat seperti apa perkembangan sosial anak yang harus kita lihat seperti apa aspek sosial dari anak berusia 2-4 tahun.

  • Pertemanan

Dari usia 2-4 tahun bisa memperlihatkan aspek sosial yang semakin berkembang dimana anak-anak lebih cenderung ingin disukai oleh teman-temannya. Ada beberapa fungsi bisa dipahami oleh anak-anak mulai dari memberi dukungan, memahami aturan seperti mulai berbagi, bergantian dalam melakukan sesuatu, sampai mengasah keterampilan sosial lainnya. Dari aspek pertemanan bisa terlihat lebih intens di usia 2-4 tahun, oleh karena itu Anda wajib memperhatikan perkembangan sosial anak dimulai pada aspek pertemanan mulai dari mencari, berkomunikasi, dan menanggapi setiap perkembangan dalam hubungan teman.

  • Kemandirian

Selanjutnya ada perkembangan sosial anak dari sektor kemandirian dimana anak akan cenderung meningkatkan usaha mereka untuk selalu menyelesaikan setiap tugasnya setiap hari. Dari sini peran ibu dan ayah harus tetap hadir menemani si kecil sehingga mampu memantau perkembangannya dalam melaksanakan tugas-tugas penting yang berkaitan dengan melatih diri untuk lebih mandiri. Jika dari aspek mandiri bisa berjalan sesuai rencana maka si kecil bisa mendapatkan aspek sosial terbaik dalam menyelesaikan setiap persoalan ataupun setiap tugas.

  • Moralitas

Pada aspek sosial lainnya yakni moralitas juga juga memperlihatkan satu aspek menarik dimana usia 2-4 tahun sudah mencari tahu seperti mengenali sesuatu yang benar dan salah. Lagi-lagi dari aspek satu ini dibutuhkan peran dari orang tua terutama dalam memberi pemahaman mengenai salah benar, dan memberi tahu dari aspek buruk jika dirinya berbohong.

Hingga sekarang perkembangan sosial anak terus berkembang di tengah zaman modern. Peran dari orang tua dalam membimbing anak di usia 2-4 tahun sangatlah penting, tidak hanya memperhatikan dari aspek nutrisi saja, melainkan pada aspek sosial juga sangat diperlukan. Bila sampai sekarang Anda masih belum memperhatikan aspek sosial anak mulai saat ini amati dan temani si kecil untuk mengetahui segala sesuatu yang menyangkut soal sosial di sekitarnya.