Manfaat Vanili untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Vanili

Vanili bukan hanya sekedar pelengkap dalam sebuah kue atau makanan, namun ia juga memiliki berbagai manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh seperti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan, melindungi jantung, mencegah penyakit kronis dan mengatasi masalah jerawat serta masih banyak lagi khasiat lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Bubuk vanili sendiri berasal dari bunga anggrek, yang mengandung buah yang memiliki bentuk mirip dengan polong. Buahnya ini memiliki ukuran berkisar antara 5-22 cm dan memiliki kualitas yang semakin tinggi jika ukurannya semakin besar.

Inilah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari vanili:

  1. Kesehatan Jantung

Vanili memiliki zat yang bernama Vanillin yang sudah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Manfaat ini sangat penting bagi mereka yang memiliki risiko tinggi mengalami serangan jantung dan stroke, sebab kolesterol rendah bisa mencegah aterosklerosis, pembekuan darah dan pembengkakan di arteri.

  1. Mencegah Jerawat

Jerawat merupakan salah satu mesalah kulit wajah yang membuat sebagian besar orang menjadi kurang percaya diri ketika ditempat umum. Untungnya vanili memiliki sifat antibakteri yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi jerawat membandel, karena ia mampu menghilangkan infeksi yang menjadi sebab utama munculnya jerawat dan mempercepat proses penyembuhan kulit dari jerawat.

  1. Memperkuat Rambut

Jika Anda mengalami masalah rambut, seperti rambut pecah atau rontok, coba gunakan minyak esensial vanili yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala serta mendorong pertumbuhan rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

  1. Mencegah Kanker

Salah satu fungsi penting antioksidan bagi tubuh adalah dapat menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat di dalam ekstrak vanili, terutama kandungan vanilin yang tinggi bisa mencegah efek negatif yang ditimbulkan radikal bebas seperti penyakit kronis dan kanker.

Itulah beberapa manfaat dan tips kesehataan yang bisa Anda dapatkan dari vanili. Melakukan perawatan tubuh dan kecantikan memang tidak melulu harus mengeluarkan biaya mahal, bahkan bahan-bahannya pun bsia kita temukan disekitar kita. Namun jika Anda mengalami suatu kondisi tertentu saat mencoba mengambil manfaat vanili, lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter.

Sumber artikel: https://desakabut.com