Manfaat Sedekah Anak Yatim

Anak yatim adalah anak yang paling dimuliakan dalam agama islam, ini membuat orang-orang dari anak yatim tidak bersedih hati.Kerena memang orang-orang atau anak yatim adalah anak yang tidak mempunyai orang tua lengkap, dan ini akan berdampak bagi perkembangan mental mereka.

Nah karena Islam hadir, maka Islam ingin membuat anak-anak yatim ini tidak lagi sedih, tapi bisa membuat mereka kembali tersenyum dan bahagia. Ada banyak hal yang bisa membuat mereka bahagia, bisa mengelus kepalanya, atau bersedekah apa yang telah kita punya.

Nah untuk sedekah itu sendiri, ternyata banyak juga manfaatnya, dan kalau kita mengetahui kumpulan doa islam mengenai anak yatim, pasti kita akan mengeluarkan zakat bagi mereka. Dan sepeti apa manfaat sedekah ke anak yatim, berikut adalah salah satunya, selamat menikmat.

Manfaat Sedekah Anak Yatim

Sebagai Penanda Tingkat Keimanan Kepada Allah Swt

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2] : 177)

Mengajarkan Kepada Kita Untuk Menjauhi Sifat Riya dan

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah [2] : 262)

Mendapatkan Ganti Yang Berlipat – lipat

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (QS. Al-Baqarah [2] : 265)