Konsep Manajemen Pemasaran Lengkap dan Jelas!

Ilmu Manajemen merupakan disiplin ilmu yang sangat luas dan memiliki berbagai cabang. Salah satu cabang ilmu yang banyak dipelajari adalah Manajemen Pemasaran. Pada intinya manajemen terdiri dari perumusan dan perealisasian dari rumusan rencana yang telah dibuat. Begitu pula dalam pemasaran. Perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang harus tetap dirumuskan dengan matang.

Gambar Konsep Manajemen Pemasaran
Gambar Konsep Manajemen Pemasaran

Apa itu Manajemen Pemasaran

Setelah mengetahui secara mendalam mengenai definisi manajemen kemudian bagaimana apabila dikaitkan dengan pemasaran !?

Manajemen pemasaran merupakan segala aktivitas manajemen yang memiliki tujuan dalam aktivitas pertukaran pasar dalam rangka memenuhi tujuan organisasi. Kegiatan dalam manajemen pemasaran dipengaruhi oleh bagaimana organisasi menawarkan kepada pasar dan usahanya dalam pemenuhan keperluan dan keinginan konsumen.

Langkah dalam pemenuhan kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan penentuan harga, menjalin komunikasi dan saluran distribusi seefektif mungkin.

Baca juga : Fungsi Manajemen Pemasaran

Konsep Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki tujuan yang jelas yaitu memberikan kepuasan terhadap pasar. Segala aktivitas yang dilakukan nantinya akan bermuara pada tujuan tersebut. Nantinya kepuasan tersebut harus dirubah menjadi penjualan yang tinggi.

Adapun langkah untuk meningkatkan penjualan misalnya :

  1. Memproduksi produk yang mudah digunakan
  2. Membuat mekanisme pembelian yang mudah diakses
  3. Menciptakan produk yang mudah dalam perawatannya

Pelaku manajemen pemasaran atau manajer pemasaran juga perlu berkoordinasi dengan bidang lain dalam perusahaan. Hal ini karena pemasaran tidak lepas dari peran bidang lain seperti produksi, SDM, keuangan dll.

Koordinasi yang baik antar lini akan menunjang usaha yang dijalankan sesuai dengan falsafah bisnis. Pada falsafah bisnis perlu diketahui terdapat 3 elemen pokok yaitu :

  1. Consument Oriented
  2. Volume penjualan yang memberikan benefit
  3. Komunikasi dan sinergi pada rangkaian aktivitas pemasaran dalam perusahaan

Dalam memahami konsep manajemen pemasaran tentu Anda harus memahami terlebih dahulu pengertiannya. Jangan lupa berdoa sebelum belajar