Informasi Seputar Obyek Wisata Bukit Sikunir

bukit sikunir

Obyek wisata Bukit Sikunir merupakan salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.  Banyak hal yang menarik yang bisa disaksikan di sana, salah satunya adalah pemandangan sunrise dari Puncak Sikunir yang dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir yang fenomenal. Selain itu, dari puncak bukit ini para pengunjung bisa menyaksikan gagahnya gunung-gunung tinggi berderet dikejauhan.

Rumah-rumah penduduk dan Telaga Cebong yang diselimuti kabut tipis terlihat indah dari kawasan wisata Puncak Sikunir. Belum lagi keramahan dan kehangatan penduduk desa sekitar yang akan membuat wisatawan betah berwisata ke sana. Semua ini menjadikan Desa Sembungan tidak pernah sepi dari para wisatawan yang berkunjung.

Obyek wisata Bukit Sikunir Dieng berlokasi di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng pada ketinggian 2.263 mdpl. Posisi bukit ini yang sangat tinggi menyebabkan para wisatawan leluasa memandang pesona alam sekitar Dieng yang demikian indah mempesona. Di kaki Bukit Sikunir Anda akan berjumpa dengan Telaga Cebong yang indah dengan airnya yang sangat jernih.

Penyebab utama mengapa para wisatawan selalu memadati kawasan wisata Bukit Kunir ini tidak lain karena pemandangan Golden Sunrise-nya yang demikian indah memukau pandangan mata. Puncak Sikunir bahkan disebut-sebut sebagai tempat strategis untuk mendapatkan spot sunrise terindah dan terbaik se-Asia Tenggara. Hanya di Sikunir Anda bisa menyaksikan indahnya warna jingga keemasan Golden Sunrise di langit fajar saat menyinari gunung-gunung tinggi yang berselimut kabut.

Spot cantik inilah yang menjadi incaran para pemburu sunrise di Bukit Sikunir dan menjadikan obyek wisata Bukit Sikunir sebagai tempat wisata yang sangat diminati dan layak diperhitungkan dalam destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng.

Waktu terbaik untuk menyaksikan sunrise dengan jelas dari atas Bukit Sikunir adalah pada musim kemarau antara Juli sampai Oktober. Sebab pada bulan-bulan tersebut cuaca jarang mendung dan kabut tidak tebal. Ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan spot warna keemasan Golden Sunrise Sikunir dengan jelas. Di bulan-bulan lainnya sunrise tertutup awan tebal sehingga menciptakan pemandangan tersendiri berupa sunrise berselimutkan kabut. Semoga bermanfaat.