Curug Winong, Air terjun Asri di pelosok Wonosobo

curug winong

Selain Telaga Menjer, obyek wisata alam lainnya yang juga terdapat di Wonosobo adalah obyek wisata Curug Winong. Obyek wisata ini berupa Air terjun (curug) yang berlokasi di wilayah Desa Winongsari, tepatnya di Dusun Temanggung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Lokasinya yang berada di arel hutan menjadikan tempat wisata di wonosobo ini tidak hanya menawarkan keindahan air terjun, tetapi juga menawarkan keindahan alam pegunungan khas Wonosobo yang sangat indah dan mempesona.

Meskipun obyek wisata Curug Winong ini berada di pedalaman hutan, tetapi akses menuju tempat ini cukup mudah. Perjalanan menuju gerbang Desa Winongsari akan sangat berkesan, karena di sebelah kanan dan kiri jalan raya yang mulus beraspal dan berkelok ini terdapat pemandangan hutan pinus dan pegunungan.

Jarak dari gerbang Desa Winongsari ke loket wisata Curug Winong berjarak kurang lebih 500 meter melewati jalan desa. Sayangnya, jalan desa ini tak semulus jalan raya yang dilewati sebelumnya.

Setelah tiba di area loket, pengunjung tinggal memakirkan kendaraan di area parkiran yang sudah disediakan. Biaya parkir hanya 2.000 rupiah per motor, sedangkan tiket masuk ke kawasan wisata Curug Winong hanya 1.000 per orang (di hari libur, naik jadi 2.000 per orang). Harga yang sangat murah untuk sebuah tiket masuk ke obyek wisata.

Dari loket, perjalanan berjarak sekitar 500 meter ke lokasi kawasan wisata Curug Winong dilanjutkan sambil berjalan kaki. Di 100 meter pertama, jalan-nya sudah dipaving, sedangkan sisanya berupa jalan setapak. Selama menempuh jalan setapak ini, para pengunjung bisa menikmati indahnya persawahan Desa Winongsari beserta sungai jernih yang mengalir di sisi kiri jalan.  Perjalanan tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja menuju lokasi Curug Winong.

Di Lokasi wisata Curug Winong, para pengunjung akan langsung disuguhi dengan indahnya pemandangan air terjun yang berketinggian hampir 70 meter dengan bentuk permukaan turunan yang menyerupai seluncur.

 

Topografi turunan Curug Winong yang menyerupai seluncur dengan kemiringan tak lebih dari 70 derajat membuat banyak pengunjung berlomba-lomba untuk bisa memanjat naik ke atas. Dari atas akan terlihat jelas panorama alam sekitarnya yang masih sangat asri dan alami.

Fasilitas di sekitar kawasan wisata Curug Winong cukup memadai. Di kawasan ini terdapat  toilet serta warung-warung yang menjual snack, aneka makanan ringan, juga minuman. Oleh karena itu, jika kebetulan Anda sedang berada di Wonosobo, pastikan untuk menyempatkan waktu mengunjungi Curug Winong ini. Semoga bermanfaat.