5 Panduan Sukses Buka Bengkel Motor untuk Pemula

Motor yaitu alat transportasi yang merakyat. Hampir semua susunan beberapa orang menggunakan transportasi roda dua ini. Kecuali harga nya yang terjangkau dan banyak kemudahan untuk memiliki motor dari bermacam lembaga pembiayaan, motor juga mempunyai konsumsi bahan bakar yang irit di banding dengan transportasi roda empat.

Dengan semakin banyak pengguna motor, semakin banyak pula peluang untuk usaha dibagian ini. Masing-masing th. angka pengguna motor selalu jadi bertambah dan menjadi tambah. Jadi, tidak heran bila kita saksikan sekian banyak motor yang melintas di jalan raya, sampai mengakibatkan kemacetan. Tempat parkir motor juga semakin padat.

Peluang tersebut yang dapat Anda raih dengan buka bengkel motor. Ada banyak langkah yang butuh disiapkan untuk buka bengkel motor seperti di ambil dari Cermati. com :

1. Menyiapkan Tempat Strategis

Tempat yaitu point butuh yang butuh diperhatikan terlebih dulu buka bengkel motor. Yakinkan tempat yang mudah dilihat dan mudah dijangkau. Jadi pemula strategi tentukan tempat yang strategis yaitu langkah yang bisa digunakan agar bengkel dikenal beberapa orang.

Memang kita akan diletakkan dengan membengkaknya cost untuk sewa atau kepemilikan tempat yang strategis, walaupun itu hal seperti ini akan sepadan dengan peluang yang akan kita dapatkan. Jangan sampai beranggapan buka usaha bengkel ditempat tempat tinggal akan membantu Anda karna tak ada biaya sewa atau biaya kepemilikan.

Pemikiran itu bisa dihitung, bila Anda sudah mempunyai pelanggan yang banyak lebih dahulu dan pelanggan yang sudah mengetahui kelebihan dari service Anda. Untuk pemula, pilihan tempat tinggal jadi tempat usaha mungkin saja memiliki kemungkinan lambatnya perubahan dari usaha.

Anda memang tidak mengeluarkan biaya yang tinggi untuk tempat, walaupun itu Anda juga tidak mempunyai perubahan yang perlu dari usaha.

2. Menyiapkan Montir yang Dapat Dihandalkan

Bila kita tidak orang yang kenali masalah teknik sepeda motor, pekerjaan kita yang ke-2 yakni mencari montir yang dapat diandalkan untuk membantu menangani sebagian problem motor pelanggan. Untuk menghemat biaya pengeluaran pada sumber daya manusia, kita dapat merekrut satu orang yang lebih mempunyai pengalaman dengan dua asisten yang tetap masih pemula.

Dengan hasrat pemula akan belajar dari montir yang lebih mempunyai pengalaman, berbarengan dengan perubahan bengkel, montir pemula akan memiliki pengalaman yang hampir sama saja dengan montir yang lebih mempunyai pengalaman, sampai biaya yang akan dikeluarkan untuk biaya SDM akan berimbang bersamaan dengan perubahan bengkel yang dimiliki.

3. Mencari Tahu Informasi Pemasok Suku Cadang

Langkah ke-3 yakni mencari supplier yang dapat memasok semua kepentingan suku cadang pada bengkel yang kita mempunyai. Peroleh supplier begitu butuh, mengingat service yang diperoleh bukan hanya service servis, namun jula suku cadang juga.

Dengan tentukan supplier yang jual harga dengan margin kompetitif, kita akan peroleh banyak keuntungan. Misalnya, kita dapat jual sedikit lebih murah dengan harga di bawah harga pasar jadi langkah promosi agar orang dapat mengingat dan kembali ke bengkel kita.

Cobalah untuk mencari supplier suku cadang dengan selekasnya. Jauhi tentukan reseller, biasanya harga dari reseller mempunyai selisih lebih tinggi di banding supplier selekasnya. Walaupun itu Anda harus mempersiapkan dana lebih karna untuk beli suku cadang pada supplier selekasnya mereka mempunyai minimum pembelian yang makin besar di banding supplier agen.

4. Menyiapkan Strategi Promosi

Langkah terakhir yakni menyiapkan langkah untuk melakukan aktivitas pemasaran agar bengkel cepat dikenal oleh calon customer. Anda dapat menggunakan jaringan media sosial untuk membantu publikasi usaha. Jangan sampai lupa untuk berikan promosi pada calon pelanggan.

Selain itu, Anda bisa pula menggunakan peluang dengan ramainya ojek online saat ini. Sebagian ojek online yaitu calon customer yang mungkin saja. Berikan promosi-promosi pada ojek online bila berkunjung ke bengkel Anda.

5. Kuasai Teknik Mekanik Dengan Bertahap

Untuk Anda yang belum juga banyak juga kenali masalah mekanik, mungkin saja saja perlu belajar dengan bertahap sambil berjalannya usaha. Misalnya, belajar pada karyawan Anda dengan memerhatikan dan automatis ikut dalam hal perlakuan customer.

Hal seperti ini perlu dikuasai agar Anda dapat hadapi bila satu di antara karyawan Anda mengundurkan diri atau tidak masuk. Ikuti kelas-kelas singkat teknik mekanik juga tidak ada salahnya agar Anda peroleh pengetahuan yang lebih resmi.