5 Makanan untuk Nutrisi Otak Anak

Sama seperti organ tubuh yang lain, otak pun juga membutuhkan makanan yang bernutrisi agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Apalagi saat masa anak-anak dimana perkembangan otak mereka sedang berlangsung tentu saja anak-anak membutuhkan nutrisi otak yang cukup dan baik sehingga otak mereka dapat berkembang dengan semestinya. Artikel kali ini akan membahas beberapa makanan yang mempunyai nutrisi yang baik untuk otak anak. Apa sajakah makanan yang baik untuk nutrisi otak anak tersebut? Ini dia.

5 Makanan untuk Nutrisi Otak Anak

Nutrisi Otak Anak Bisa Anda Dapatkan dari Makanan Ini

  1. Gandum

Gandung mengandung sedikit karbohidrat. Otak kita perlu energi yang berasal dari glukosa dalam karbohidrat untuk dapat bekerja dengan optimal. Kemampuan otak untuk bisa fokus dan berkonsentrasi bisa didapat jika otak mendapatkan energi yang cukup. Karena itulah anak Anda butuh glukosa. Glukosa pada gandum berada di indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu tubuh untuk melepaskan glukosa ke dalam darah dengan lambat sehingga tingkat glukosa dalam darah menjadi stabil. Jika anak Anda sering makan gandum, maka tubuh mereka bisa selalu berenergi dan otak pun dapat fokus sepanjang hari. Selalu selipkan gandum dalam menu makanan si kecil tiap minggunya. Gandum bisa Anda dapatkan dari beras merah, roto gandum, sereal gandum, dan pasta.

  1. Biji-bijian

Biji-bijan tertentu mengandung asam lemak yang diperlukan oleh tubuh. Asam lemak adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk menentukan kemampuan otak anak. Terutama asam lemak omega 6 yang dapat mempengaruhi fungsi otak karena asam lemak ini juga mempengaruhi kemampuan neuron untuk menggunakan glukosa dan mempengaruhi pelepasan neurotansmiter pada otak. Jika anak Anda tidak mendapatkan asupan asam lemak yang cukup, maka performa otak dapat terganggu sehingga menyebabkan penyakit. Anda bisa mendapatkan asam lemak omega 6 dari biji bunga matahri, biji kenari, dan biji wijen.

  1. Ikan laut

Nutrisi otak anak juga bisa Anda dapatkan dari ikan laut. Ikan laut mengandung asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh otak. Asam lemak yang dibutuhkan oleh otak adalah asam lemak omega 3 dan omega 6. Sayangnya, nutriis tersebut tidak diproduksi dalam tubuh sehingga Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi ini dari makanan. Kedua nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari ikan laut seperti sarden, mackerel, hering, tuna, dan salmon.

  1.  Coklat

Jika anak Anda susah mengonsumis ketiga makanan di atas maka Anda bisa memberikan cokelat agar nutrisi otaknya tercukup. Coklat mengandung flavonoid yang dapat meningkatakn kerja otak. Coklat juga bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

  1. Susu

Susu, terutama susu formula dari Wyeth Nutrition, dapat memenuhi nutrisi otak anak. Karena kandungan pada susu tersebut dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan oleh otak.